Breaking News
Loading...
Kamis, 11 Januari 2018

Cara Mengatasi Tidak Cukup Ruang Pada Perangkat Android

18.51
Pasti sebagian besar pengguna hp android sering mengalami Kesalahan Tidak Cukup Ruang Pada Perangkat saat gagal mendownload aplikasi di google play store bukan ? Padahal memori internal masih banyak ?

Masalah ini sering terjadi pada perangkat android yang memiliki kapasitas memori yang kecil, tak terkecuali juga pada Hp Samsung, Oppo, Sony Xperia, Smartfren Andromax, Lenovo, Asus Zenfone, Xiaomi, dan merk lainnya.

Kenali Penyebab Kesalahan Tidak Cukup Ruang Pada Perangkat Android

1. Terlalu banyak menginstall Aplikasi 
Hal ini sering dilakukan oleh kalian terutama anak-anak untuk mendownload game maupun aplikasi di Google Play Store sehingga membuat memori internal penuh.

2.Cache File Menumpuk
Cache adalah file sementara yang membantu system untuk memuat file secara singkat seperti foto di gallery atau penggunaan media sosial seperti facebook, twitter, instagram dll. Cache yang rusak akan membuat banyak terjadinya error dan membuat memakan banyak memori hp.

 Setelah mengenali penyebab terjadinya kesalahan tersebut, sekarang kita beralih untuk cara mengatasi atau memperbaikinya. Silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini :
1. Pindahkan Aplikasi Ke Memori Eksternal/MicroSD

Untuk memindahkan aplikasi ke memori external, ikuti cara dibawah ini agar kapasitas memori internal menjadi lebih banyak :

Pindahkan aplikasi ke eksternal

1. Pilih Pengaturan (Setting)  Penyimpanan (Storage) yang ada pada tab Umum (General)
    * Scroll kebawah lalu pilih Lokasi Pemasangan yang Disukai (Preffered Install Location) pilih Kartu SD (SD card)
    * Lalu kembali lagi ke menu Pengaturan pilih Kelola Aplikasi (Manage Application)
    * Tap/pilih aplikasi mana yang mau dipindahkan, misalnya aplikasi Cymera lalu pilih Pindah ke SD (Move to SD Card)

2. Hapus Aplikasi yang Tidak Diperlukan / Digunakan

Salah satu penyebab terbesar adalah banyaknya aplikasi maupun game yang didownload dan didiamkan begitu saja. Jadi sebaiknya kamu hapus saja game terutama yang 3D karena banyak menghabiskan ruang penyimpanan di hp kamu. Berikut ini cara hapus game di hp android :

    * Buka Pengaturan (Setting) → Pilih Kelola Aplikasi (Manage Application), klik nama aplikasi/game yang ingin dihapus, Pilih Copot Pemasangan (Uninstall)

3. Bersihkan Cache / Data Aplikasi

Cara ini paling ampuh yang patut kamu coba karena cache memang terkadang tanpa disadari telah memakan banyak ruang penyimpanan sehingga membuat memory cepat penuh. Biasanya aplikasi yang banyak memakai cache diantaranya Google Chrome, Opera Mini, Facebook, Line, Instagram, Twitter, dan lainnya.

    * Buka Pengaturan (Setting) → Pilih Kelola Aplikasi (Manage Application)
    * Pada tab Diinstall (Downloaded) pilih aplikasi yang ingin dihapus cachenya, tap Hapus Cache (Clear Cache)

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

 
Toggle Footer