Breaking News
Loading...
Minggu, 21 Oktober 2012

Cara Memperbaiki Handphone Mati Total atau Matot

04.11
       Tanpa handphone, kita tidak akan bisa lancar berkomunikasi, karena dengan alat inilah jarak bisa diperpendek. Jenis komunikasi juga sekarang bisa dengan sangat mudah ditempuh, mulai dari telepon, sms hingga mengirim pesan multimedia. Cuma sayangnya, kadang handphone kita tidak bisa diajak kompromi. Berbagai macam jenis kerusakan bisa terjadi pada handphone kita, dan tentunya jika sudah seperti itu, maka mau tidak mau kita harus mereparasinya. Salah satu jenis kerusakan yang paling parah pada handphone adalah mati total. Handphone mati total tentunya sudah tidak bisa kita apa-apakan lagi, selain membawanya ketempat servise. Tetapi jika anda sedikit tau tentang elektronika mungkin tulisan berikut bisa sedikit membantu anda, karena pada bahasan kali ini sobatpc.com akan sharing mengenai cara memperbaiki handphone yang mati total atau matot.

Berikut beberapa langkah bagaiamana kita memperbaiki handphone yang matot atau mati total :
  1. Cek dengan ohm meter pada conector bateray untuk mengetahui Handphone konslet atau tidak.(dgn multimeter pada posisi ohm 1x, letakkan jarum positif pada ground/ board Handphone dan jarum negatif pada konektor v-bat, jika jarum penunjuk bergerak maka ,Hp konslet karena normalnya tidak bergerak atau sangat kecil dgn 10x)
  2. Jika Handphone tidak konslet pasanglah baterai yang isi dan coba di charging lihat responnya, lalu cek dengan disambungkan dg program software di komputer.
  3. Jika di cas normal kemungkinan besar hanya pada persoalan switch on/off yang rusak (penyelesaian : cek jalur on/off jika normal ganti swicth on/off maka Handphone akan menyala kembali).
  4. Jika dicas normal, switch on/off dan jalurnya normal maka Handphone terjadi kerusakan pada software, lakukan flashing maka masalah akan selesai.
  5. Jika Handphone tidak konslet namun dicas tidak respon sama sekali maka lakukan pengecekan dengan software, jika Handphone hidup maka Handphone mengalami 2 kerusakan yaitu ersoalan di switch on/off dan persoalan charging.
  6. Jika dicek Handphone konslet maka 100% hardware mengalami kerusakan  cari penyebab konsletnya (biasa terjadi pada ic cas, ic PA, ic power atau kapasitor disekitarnya) dan ganti dg yang normal setelah selesai dan Handphone tdk konslet, lakukan langkah sebelumnya.
  7. Jika Handphone tetap tidak mau menyala lakukan pengecekan pada semua jalur v- batt (lihat buku jalur). Jika ada yang putus lakukan penyambungan (jumper).Jika tetap tdk hidup kerusakan ic power, cpu, ic flash (lihat dg diflash) atau mungkin juga crystal ic, rf . dll

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

 
Toggle Footer